-->

Kereta Api Indonesia | Transportasi Utama di Masa Mendatang


Nimous.com - Perkembangan teknologi semakin hari semakin dahsyat saja dan tidak hanya dalam dunia elektronik di dunia transportasi terus mengalami inovasi dan pembaharuan, contohnya kereta api di Indonesia, salah satu transportasi tercepat di darat yang terus melakukan perubahan dari segi bentuk, kenyamanan, kualitas dan semua segi yang perlu ditingkatkan untuk dapat menjadikan transportasi umum yang banyak digunakan di masa mendatang.

Transportasi yang banyak digunakan...

Transportasi yang satu ini memang banyak pengguna dari kalangan masyarakat umum yang lebih memilih untuk menggunakan Kereta api sebagai transportasi umum mereka, tak jarang pengguna merasa lebih baik menggunakan Kereta api dari pada Bus antar kota dan. Harga tiket kereta api yang relatif murah dan pas dikantong masyarakat Indonesia membuat jadi pilihan utama untuk bepergian. Bahkan, pada hari-hari besar seperti Hari Lebaran dan Natal, kereta api merupakan transportasi massal andalan masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman. Dan tidak cuma itu saja penggunaan kereta api menjadi pilihan utama bagi para pekerja yang jauh dari rumah ke kantor.

Selain itu kereta api memiliki kelebihan yang berbeda dari yang lain, jalur khusus yang tidak mengganggu dengan kendaraan lain membuatnya jauh lebih cepat untuk sampai ketujuan, penggunaan kereta tidak cukup hanya mengantar penumpang saat ini penggunaan kereta api sudah digunakan untuk penggunaan jasa antar kirim barang seperti halnya pesawat terbang.

Pertama kalinya naik kereta api..

Awal pertama kali saya menggunakan jasa kereta api saat itu saya masih Sekolah Dasar dimana saya masih mengingat betul suasana dan rasa pada saat menaiki kereta api, berada pada sebuah tempat yang melaju dengan kecepatan tinggi dan melihat suasana dari kaca jendela yang terlihat pemandangan samar merupakan pengalaman saya dalam menaiki kereta api indonesia.
Melaju dengan kecepatan tinggi, terdengarnya getaran dari gerakan roda kereta yang membuatnya agak sedikit bising. Dan bunyinya pluit dari cerobong asap semakin membuat hal berkesan saat menaiki kereta api.

Tidak terasa saya sudah lulus sekolah SMK dan perkembangan Kereta api saat ini sudah mengalami perkembangan dan inovasi yang sangat signifikan daripada tahun tahun sebelumnya, saat ini semua kemudahan dan kenyamanan menjadi prioritas nomor satu bagi PT KAI untuk melayani setiap masyarakat Indonesia.

Bagaimana Perkembangan Kereta Api Indonesia Saat ini.


Seiring majumnya zaman perkembangan pada kereta api akan semakin meningkat, sarana dan prasanan akan semakin lengkap dari banyaknya permintaan dari masyarakat untuk meningkatkan kualitas perkeretaapian Indonesia. Kemudian banyaknya peningkatan dari beberapa segi seperti layanan kereta api penumpang atau barang, fasilitas di stasiun, SDM KAI, keselamatan perjalanan kereta api, infrastruktur dan hal-hal lainnya membuat perkretaapian Indonesia semakin maju.

Perkembangan ini dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah pengguna kereta api agar tidak menggunakan kendaraan pribadi saat perjalan, dan mengurangi kemacetan dijalan raya yang semakin tidak terkendali.

Inovasi Kereta api saat ini...

Salah satu perkembangan kereta api yang baru-baru ini ramai diperbincangkan adalah PT KAI (Persero) Daop 1 yang resmi mengubah nama Kereta Api (KA) Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) menjadi KA Jayakarta Premium. Kereta ini merupakan kereta yang menghubungkan Stasiun Pasar Senen, Jakarta ke Stasiun Gubeng di Surabaya dan sebaliknya.


Kereta ini masuk ke dalam kelas ekonomi. Padahal, kereta ini memiliki fasilitas premium layaknya kereta kelas eksekutif dimana tempat duduk yang tidak lagi saling berhadapan dengan sandara miring yang membuat penumpang lebih nyaman ini adalah salah satu kelebihan kereta ini dan fasilitas baru seperti televisi, jadi penumpang bisa mendapatkan suguhan hiburan seperti film dan musik.

Perkembangan yang begitu besar untuk meningkatkan pelayanan bagi penumpang untuk merasa aman dan nyaman di dalam kereta. Sementara itu di atas tempat duduk penumpang terdapat bagasi untuk menyimpan barang. Bagasinya pun seperti bagasi pasawat dan bila dibandingkan, fasilitas ini jauh berbeda dengan kereta ekonomi biasa. Penambahan fasilitas ini dimaksudkan untuk membuat para penumpang lebih nyaman dan betah berlama lama di dalam kereta.

Berapa Harga Tiketnya...

Manajemen KAI menerapkan tarif batas pada KA Jayakarta Premium. Pertama, untuk jarak 0-250 km tarif batas bawah Rp 110 ribu dan batas atas Rp 300 ribu. Kemudian, jarak 251-515 km tarif batas bawah Rp 140 ribu dan batas atas Rp 350 ribu. Lalu, di atas 515 km tarif batas bawah Rp 180 ribu dan batas atas Rp 450 ribu.

Tidak hanya melayani pemberangkatan di Stasiun Pasar Senen - Surabaya saja, kereta ini juga melayani naik turun penumpang di beberapa stasiun antara lain Stasiun Kroya, Stasiun Karanganyar, Stasiun Jatibarang, Stasiun Cirebon, Stasiun Bumiayu, Stasiun Tambak, Stasiun Kebumen, Stasiun Wonosari, Stasiun Purwokerto dan Stasiun Randegan. Cukup lengkap bukan untuk kalian yang berada di salah satu stasiun di atas untuk bisa menikmati fasilitas premium dari kereta api kelas ekonomi ini.

Harapan untuk Perkeretaapian Indonesia di masa mendatang.


Sebagai warga Indonesia yang baik juga bijaksana mendukung perkeretaapian Indonesia untuk membantu PT KAI dalam meningkatkan pelayanan dan juga meningkatkan dalam berbagai aspek, memberikan harapan untuk dapat menjadikan motivasi dalam terus melakukan inovasi bagi penumpang kereta api.

Harapan saya dalam perkembangan kereta api Indonesia banyak sekali beberapa aspek yang memiliki nilai penting dari keberadaan Kereta api sebagai transportasi umum yang murah. Berikut harapan saya untuk perkeretaapian Indonesia di masa mendatang diantaranya :

Segi layanan kereta api penumpang dan barang - Untuk segi layanan pada penumpang, harapan untuk kedepannya agar PT KAI untuk memberikan layanan kepada para penumpang dengan memilih petugas stasiun yang mampu untuk mengatasi permasalah atas kesulitan para penumpang dalam menaiki kereta api atau dalam berbagai masalah lainnya. Pelayanan yang baik pada saat didalam kereta juga lebih ditekankan agar para penumpang lebih nyaman dengan pelayanan yang baik dan ramah.

Pelayanan antar barang juga lebih dipentingkan terhadap keamanan dan keutuhan barang penumpang, agar tidak terjadi kehilangan barang dan juga rusaknya barang bawaan penumpang akibat berbenturan dengan barang lainnya yang akan menimbulkan kerusakan fisik pada salah satu barang bahkan bisa keduanya.



Fasilitas di Stasiun - Tidak hanya kenyamanan di dalam kereta saja, peningkatan infrastruktur juga harus dibenahi di sekitar stasiun banyaknya keluhan para penumpang pada saat menunggu kereta di stasiun, memberikan pembatas atau batas aman dan jauh dari rel. Hal ini untuk mengurangi tingkat kecelakaan di stasiun. Mushola yang juga ada pada beberapa titik stasiun juga dikeluhkan dengan tempat yang sempit dan juga kebersihan mushola yang kurang terawat.


Pada saat para penumpang akan naik ke kereta api, harapanya diberikan jalur khusus untuk penumpang yang akan turun dan naik hal ini bertujuan untuk mengurangi waktu tunggu dan keberangkatan kereta api dan memudahkan penumpang untuk turun dan juga naik.

Belum sampai disitu pula ketinggian tangga naik kereta juga terlalu tinggi, karenanya masih banyak di beberapa stasiun yang masih menggunakan tangga bantu. Demikian juga perlu perhatian khusus untuk memudahkan penumpang menaiki kereta api.


Keselamatan perjalanan - Keselamatan para penumpang harus menjadi prioritas utama, khususnya pada saat di dalam kereta, banyak hal yang biasanya terjadi seperti aksi pencopetan yang terjadi saat saat kereta sedang ramai penumpang. Tingkat keselamata juga ada pada rel kereta yang harus dirawat dan dicek kondisi dan juga keamanannya agar perjalanan akan tetap aman sampai tujuan.

***

Dari segi pelayanan memang harus ditingkatkan dan semakin majunya teknologi saat ini tentunya infrasturuktur haruslah juga dikembangkan, ada sedikit mimpi saya untuk kereta api indonesia yang mungkin akan bisa terwujud di kemudian hari untuk sarana dan prasarananya yang mungkin bisa diterapkan antara lain :

1. Stasiun Bersih & Nyaman.

Menjaga kebersihan dan kerapian stasiun merupakan tanggung jawab semua orang, petugas kebersihan juga berperan penting dalam kebersihan stasiun. Stasiun yang bersih akan membuat yang datang akan merasa nyaman dengan kondisi stasiun, penambahan kursi tunggu, tempat sampah dan jadwal keberangkatan juga akan menambah nilai positif dari para penumpang.

Kenyaman penumpang juga akan timbal balik dengan rasa senangnya penumpang dalam menggunakan transportasi kereta api ini. Tak hanya kebersihan stasiun, kebersihan gerbong kereta juga harus diperhatikan dan perhatikan juga bagian bagian kereta yang mengalami kerusakan kecil maupun besar.


PT. KAI juga harus memperhatikan disaat-saat stasiun sedang ramai atau membludaknya penumpang kejadian kejadian yang tak terduga harus selalu diawasi sehingga kebersihan dan kenyamanan stasiun dan juga kenyaman penumpang lainnya.

2. Munculnya Kereta Super Cepat.

Hal inilah yang saya impikan saat ini untuk menaiki kereta super cepat dan bagaimana sensasi dan perbedaan dengan menggunakan kereta api biasanya, semoga PT. KAI terus melakukan pembaharuan dan inovasi pada kereta apinya hingga saya bisa menaiki kereta super cepat di Indonesia tanpa perlu pergi keluar negeri.


Mungkin tidak hanya saya saja yang menunggu merasakan kereta api super cepat ini, dan kita tunggu saja apakah bisa terwujud di masa depan nanti.

3. Jalur kereta bawah tanah.

Jalur kereta yang saat ini masih berjalan diatas tanah merupakan hal yang biasa tetapi berbeda jika jalur kereta api berada di bawah tanah dengan menggunakan kereta api super cepat adalah hal yang paling ditunggu tunggu, pasalnya berada di bawah tanah akan mengurangi kebisingan dan pergerakan permukaan tanah sehingga tidak akan menghalangi kereta cepat ini untuk melaju.


Walaupun mungkin akan terwujud dalam waktu yang cukup lama semoga dapat terwujud sehingga dapat bersaing dengan negara negara maju lainnya.

***

Begitulah ulasan tentang keperadaan dan perkembangan perkeretaapian di Indonesia dan beberapa hal yang akan membuat kereta api Indonesia di masa mendatang akan jauh lebih baik lagi dari sekarang, dan di usia ke-72 tahun ini semoga KAI terus meningkatkan pelayanannya sehingga mampu menjadi transportasi umum diandalkan masyarakat Indonesia. Nah untuk kalian bagaimana mimpi atau harapan kalian untuk Kereta Api Indonesia di masa depan ???

1 Response to "Kereta Api Indonesia | Transportasi Utama di Masa Mendatang"

Terima Kasih sudah Mengunjungi Situs Zervise
Semoga Dapat Memberikan Manfaat untuk Kalian Semua

Jangan Lewatkan Artikel Terbaru di Halaman Utama
Kirimkan Komentar dan Pendapat Kamu di Kolom Komentar Berikut :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel