-->

Menguak Inspirasi dari Eksotisme Pulau Madura untuk Pelancong

Nimous.com - Pulau yang sudah tidak asing terdengar di telinga, Madura pulau kecil yang masih belum menjadi tren destinasi wisata oleh para turis dan pelancong, dan juga belum menjadi tempat pariwisata bagi anak muda jaman now, akses perjalanan menuju Pulau Madura saat ini sudah sangat mudah dari pada beberapa tahun sebelumnya yang masih menggunakan jalur laut dan membutuhkan waktu lebih lama. Jembatan Suramadu (Surabaya - Madura) sebagai penghubung antara Surabaya dengan Madura, melalui transportasi darat perjalan yang tidak membutuhkan waktu lama sekitar 1,5 jam dari Kota Surabaya. Jembatan suramadu yang menjadi opsi pertama ketika turis hendak melakoni perjalanan, pemandangan semakin indah dimalam hari dengan lampu-lampu yang menyelimuti keseluruhan bagian jembatan yang memanjakan mata. Banyak juga para turis hanya menyisiri jembatan suramadu saja dan membeli beberapa oleh-oleh khas madura dan kembali lagi untuk melanjutkan travelingnya tanpa mengunjungi pulau Madura.
Bagaimana keseruan penulis mendapatkan kisah inspiratif dari Pulau Madura ini berikut pengalaman penulis.


Kenapa pilih Madura bukannya banyak kota yang lebih bagus dari Madura ?


Banyak yang mengira Madura tidak ada daya tarik untuk pariwisatanya dan eksotisme alamnya karena masih belum menjadi tempat wisata wajib dikunjungi. Fakta dilapangan menunjukkan, bahwa Madura memiliki eksotisme tersendiri yang mungkin sanggup untuk memperlihatkan kepada kalian yang belum pernah mengunjungi madura. Pantai cantik dengan pasir putihnya, dan bukit kapur yang berdiri dengan megah sedemikian rupa jadi godaan dan daya tarik yang mutlak saat berbicara titik-titik cantik di Madura. Dengan sedikitnya publikasi, siap-siap saja merengkuh nuansa eksklusif hampir di tiap tempat yang disambangi, keindahan alam yang begitu alami pepohonan besar dan udara yang masih bersih dan segar.

Kenapa pilih Madura...

Sembari liburan dan menenangkan pikiran, kegiatan traveling ini sembari bersilaturahmi dengan saudara yang ada di Madura. Mempererat hubungan dengan saling mengunjungi untuk meningkatkan hubungan satu dengan yang lainnya. Kegiatan traveling yang cukup berbeda lain dari yang lain, mendapatkan hal baru dan inspirasi yang membangun ide baru dari eksotisnya pulau Madura.

Banyak hal yang terjadi pada saya selaku penulis dari kegiatan traveling di Madura ini banyak sekali hal - hal baru yang bisa didapat dari kegiatan ini, perjalanan dimulai dengan menggunakan mobil karena untuk menjangkau pulau madura cukup dekat dengan kota saya. Madura memiliki keindahan dan kelebihannya tersendiri yang berbeda dengan tempat wisata lainnya, kesempatan untuk mengunjungi pulau Madura adalah sebuah momen yang pas untuk dapat mengingat kembali kampung halaman orang tua saya.

Berada didalam pelosok Madura, tepatnya di daerah Pamekasan. Beberapa spot-spot keindahan alam di Madura dapat ditemukan, walau beberapa tempat masih begitu sulit untuk ditelusuri, semua jerih payah akan terbayar dengan pemandangan yang elok bernuansa khas yang mungkin tak akan didapati di tempat lain. Mengingat fasilitas yang masih minim di beberapa tempat wisata, pastikan kamu sudah menyiapkan berbagai hal sebelum singgah. Kamu dapat menyiapkan beberapa pakaian ganti karena tanah terasa licin terlebih lagi saat hujan melanda harus ekstra hati-hati (Biar gak jatuh).

Selain itu juga saat kamu akan menjelajahi pulau madura yang sangat dominan dengan alamnya ini tidak heran kamu akan tersesat saat akan menelusuri jalan dan pesona mistis juga akan menyelimuti setiap perjalanan kamu karena di beberapa tempat terdapat kuburan terbuka yang terletak pada pinggir sawah maupun didalam hutan, seperti peristiwa yang saya pernah alami kamu bisa melihatnya di bawah ini.

Inspirasi apa yang didapat dari Eksotisme alam di Madura ?


Pemandangan Alami yang masih menghiasi setiap perjalan menuju rumah paman saya di Madura, lebih lebih perjalanan cukup jauh dan terletak di sudut yang tidak sanggup di jamah mobil, jadinya harus berjalan cukup jauh untuk tiba dirumah Paman. Hasil terbayarkan dengan dimana rumah paman saya yang berada disudut ini, terdapat hamparan sawah yang sangat luas terbentang bebas di sana, menuju rumah dan ngobrol cukup lama, terdengar kata terucap dari paman saya yang berakata,

"Alam di Madura semakin hari semakin menipis, banyaknya pembangunan rumah semakin mengkikis habis lahan sawah dan pertanian" (Ditranslate dari bahasa Madura ke bahasa Indonesia, biar semua pada ngerti)

Ide baru terlintas dipikaran saya memikirkan kata kata tersebut, melihat situasi sekarang kondisi alam yang semakin buruk dengan perilaku dan aktifitas manusia yang merusak alam utamanya dari dalam diri kita sendiri harus terus mengubah sikap dan perilaku kita terhadap alam ini. Bayangan untuk menyelamatkan bumi sekejap menimpa pikiran saya untuk mengubah alam menjadi lebih baik, dengan melakukan pembibitan di area tanah yang gersang dan melakukan kegiatan hijau di rumah, tempat kerja maupun di lingkungan masyarakat.

Pada awalnya saya berpikir keindahan alam yang masih alami ini jauh seperti jawa yang yang sudah habis lahan hijaunya, dengan ini tebenak di dalam otak saya yang menginspirasi dari kata-kata paman saya untuk selalu menjaga alam yang semakin hari semakin terkikis ini. Dan mendapat ide baru untuk melakukan penanaman pohon di halaman samping rumah yang masih kosong nantinya dan mengajak masyarakat sekitar untuk lebih peduli dengan hal hal mengenai alam ini.

Hal tak terduka terjadi...

Bosan didalam rumah, sejenak terlintas untuk melihat lihat keindahan alam sambil refreshing, berjalan jalan menyisiri sawah melihat keindahan alam yang asri, terlalu lama menyusuri sawah dan lupa akan waktu tak tak terduga saat saya membalikkan badan untuk berniat kembali ke rumah, hal tak terduga terjadi saya kehilangan langkah untuk kembali kerumah paman.

Langkah kaki semakin kacau walaupun ini bukan pertama kalianya saya kerumah paman namun saya masih belum mengingat pasti semua jalan untuk mengitari sawah ini, hanya membawa diri dan lupa membawa smartphone kesayangan hal buruk terjadi hari ini, bukannya semakin dekat malah terasa jauh saya dari rumah paman. Langkah demi langkah terus melangkah mengikuti arah jalan, bersyukur saya bertemu seorang anak kecil kira kira berumur 8 tahun dan saya menanyakan arah terdekat untuk sampai dijalan besar, untungnya anak tersebut paham dan menunjukkan arahnya kepada saya.

Note : (Untuk kalian yang ingin pergi ke Madura untuk setidaknya mengerti bahasa Madura karena rata rata penduduk belum bisa berbahasa Indonesia dengan baik)

Akhirnya sudah berada di jalan besar yang sebelumnya saya lalui, menyisiri jalan sambil mengingat ingat jalan menuju rumah paman dan akhirnya sampai juga walaupun berjalan cukup jauh dan melelahkan.

Keramahan Warga setempat.


Melihat dari sisi positif yang dimiliki oleh warga Madura memang tidak bisa dibayangkan oleh kamu yang masih belum sama sekali kesini, banyak yang beranggapan warga Madura lebih dikenal sebagai warga yang "sangar" dan menakutkan. Bertentangan dengan kenyataan saat ini menurut pandangan saya pribadi warga Madura sangat sangat ramah, bagaimana tidak setiap kedatangan tamu atau keluarga dari luar pulau jawa mereka juga antusias untuk menyambut kita juga dan juga sering bertanya tanya kepada saya asal kota mana ? Keramahan ini juga terjadi saat ada acara penting seperti pernikahan hampir semua orang disana saling membantu mulai dari memasak, menyiapkan tempat dan lainnya.

Tidak salah menilai orang lain dari omongan orang, namun lebih fakta lagi jika langsung berkunjung untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi dan juga keadaan sebenarnya dilapangan, dan memberikan pendapat pribadi. Moment penting yang harus kita terapkan sebagai makhluk sosial kita harus rukun dan saling membantu dalam kesulitan orang lain, dikenal maupun tidak.

***

Melakukan traveling memang tidak semata mata untuk mencari hiburan dan menyegarkan pikiran, tempat wisata yang yang dikunjungi kita harus benar benar mengerti adat istiadat, peraturan dan juga bahasa yang digunakan di tempat itu. Liburan akan semakin menyenangkan dan aman dengan memperhatikan hal-hal tersebut. Dan ketahui juga kegiatan traveling memang menjadi hal seru untuk menambah pengalaman, selalu ada cerita menarik di setiap perjalanannya dan menemukan ide kreatif yang mampu untuk diaplikasikan dikehidupan sehari hari sehingga bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain. Banyak sekali tempat tempat destinasi wisata yang dapat dikunjungi seperti Madura atau tempat didalam negeri dan juga diluar negeri.

Traveling saat ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan kemana saja alat transportasi saat ini sudah sangat mendukung dalam hal melakukan traveling didalam negeri maupun keluar negeri ditambah lagi adanya situs SkyScanner Indonesia, sebuah mesin pencari tiket pesawat, hotel, dan rental mobil di seluruh dunia dan merupakan Situs travel terpercaya di seluruh dunia dimana tersaji sejumlah destinasi wisata populer yang dapat kamu jadikan pilihan untuk traveling liburan nanti. Di salah satu video Skyscanner yang satu ini dengan judul Anti Ketinggalan Tiket Pesawat Murah, yang memberikan gambaran tentang situs Skyscanner tentang pilihan pembelian tiket pesawat murah dan menjadikan situs travel yang banyak digunakan.


Untuk tiket pesawat kamu tidak perlu lagi repot-repot membandingkan harga dari situs lain karena Skyscanner sudah membandingkan harga tiket pesawat dengan ratusan situs web yang menjual tiket pesawat lainnya, jadi sudah bisa dipastikan kamu mendapatkan tiket pesawat dengan harga termurah. Selain itu, Skyscanner memiliki fitur pencarian tiket pesawat di bulan termurah atau pada saat bulan liburan menjelang! Siap untuk traveling ria lagi dengan tiket pesawat murah dari Skyscanner? dan Cek situsnya untuk dapat melihat destinasi populer yang dianjurkan.

#ahaskyscanner, #skyscannerindonesia

18 Responses to "Menguak Inspirasi dari Eksotisme Pulau Madura untuk Pelancong"

  1. Madura menjadi destinasi wajib dikunjungi kalau lagi wali 5. Udah berapa kali ya ke Madera, sering banget pokok e..la wong omahku sidoarjo Gan,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget utamanya destinasi wali 5 nya, wah rumahnya deket saya Probolinggo salam kenal

      Delete
  2. Tetapi ane takut kemadura soalnya disana terkesan sangar sangar orangnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tahu rasanya bagaimana kepedulian dari masyarakat Madura, masyarakat madura selalu peduli dengan sesamanya, untuk itu bisa dicoba dengan berkunjung ke sana

      Delete
  3. Madura kotanya bagus,wisata nya juga bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Madura memang memiliki spot wisata yang menarik untuk dikunjungi

      Delete
  4. Bener gan.. Madura kota yg wajib dikunjungi untuk berwisata

    ReplyDelete
  5. Aku cuma lewat gan. Wkwk kalo ke bali pasti lewat suramadu. Kalo ke madura belum pernah. Tp terima kasih infonya. Ntar nyari waktu luang untuk melancong kesana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya wajib untuk dikunjungi biar merasakan keindahan alami disana

      Delete
  6. Kalau terbang malam dengan pesawat lewat surabaya, pasti jembatan madura kelihatan gemerlap banget gan lampu2nya, mantap pokoknya 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru itu melihat jembatan suramadu dari atas mantap !!!

      Delete
  7. Kalo malem keren, nyala2 hehe

    ReplyDelete
  8. keren, kapan bisa kemadura ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didoakan secepatnya biar bisa melihat alam yang indah disana

      Delete
  9. Terima kasih ya sudah ikutan Blog Competition "Aha Moments" Skyscanner Indonesia. Good luck :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya semoga makin banyak lagi lomba blog lainnya

      Delete
  10. Jejak. Terima kasih sudah berpartisipasi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya semoga dapat bermanfaat

      Delete

Terima Kasih sudah Mengunjungi Situs Zervise
Semoga Dapat Memberikan Manfaat untuk Kalian Semua

Jangan Lewatkan Artikel Terbaru di Halaman Utama
Kirimkan Komentar dan Pendapat Kamu di Kolom Komentar Berikut :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel